Sekroco-kroconya kamu ketika lulus tes CPNS, perjalanan waktu bisa membawa kamu menjadi pejabat, orang-orang yang mengatur uang rakyat. Uang yang selama kamu menjadi manusia di luar birokrasi, yang selalu kamu pertanyakan peruntukannya sambil nulis nge-tweet marah-marah: “Kampret. Pemerintah ini ngapain aja? Gue bayar pajak loh!“.
Kamu pasti akan sadar bahwa sekarang nongkrong di Grand Indonesia pada jam kerja tidak semudah dan seindah ketika jadi karyawan gedung tinggi di Sudirman. Seragam institusi sudah melekat dan hidup kamu akan bersama pandangan sinis orang banyak yang berharap kinerja baik dari PNS. Maka, kuat-kuatkanlah hati menghadapi aneka cobaan dan rintangan.
Apapun motivasi kamu masuk ke dalam skema birokrasi pemerintahan, kamu sudah menjadi bagian di dalamnya. Kalau bobrok, sedikit banyak itu karena ulah kamu juga. Kalau bagus, kamu pasti akan ikut bahagia begitupun keuarga dan seluruh rakyat Indonesia.
Sesungguhnya Indonesia butuh manusia yang optimis, layaknya seorang jomblo menahun yang optimis untuk mendapatkan mertua. Semoga di penerimaan yang terakhir ini, CPNS yang masuk adalah CPNS yang bisa memiliki dan memberikan optimisme pada masyarakat bahwa akan ada pemerintahan yang lebih baik dan juga birokrasi yang lebih sempurna.
So, bagi yang sudah diterima, saya ucapkan selamat, wujudkan optimisme itu dengan menjalankan hal-hal tersebut di atas. Semoga barokah. Amin!