Salut! Akhiri Krisis Rohingya, Gubernur Aceh Siap Berbagi Pengalaman Perdamaian dengan Pemerintah Myanmar

Foto : Warga Rohingya

JAKARTA - Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf meminta Myanmar segera memulai proses stabilisasi politik dan peace building di negara bagian Rakhine, Myanmar. Bahkan, ia juga bersedia berbagi pengalaman dengan Pemerintah Myanmar mewujudkan perdamaian di Rakhine.
"Aceh bersedia untuk berbagi pengalaman dengan Pemerintah Myanmar dan membantu mewujudkan perdamaian di wilayah Rakhine," tulis pernyataan resmi Gubernur Aceh di akun facebooknya, Irwandi Yusuf, Kamis (7/9/2017).
Konflik yang dilakukan oleh junta militer Myanmar terhadapat warga Rohingya kembali terjadi sejak akhir Agustus lalu. Setidaknya 100 ribu lebih sipil yang mayoritas warga Rohingya terpaksa kabur ke Bangladesh untuk menghindari bentrokan. 400 orang juga dinyatakan tewas dalam kekerasan ini.
Irwandi menuturkan, Pemerintah Myanmar perlu menggandeng PBB, ASEAN, dan Organisasi Internasional lainnya dalam memulai proses peace-building. Serta membuka diri sebagai wujud komitmen Pemerintah Myanmar dalam penegakan Hak Asasi Manusia dan Demokrasi.
Disamping itu Gubernur Aceh juga meminta Pemerintah Indonesia, sebagai sahabat sekawasan ASEAN, perlu secara intens membantu Pemerintah Myanmar dalam mewujudkan Perdamaian di wilayah Rakhine.
"Mendorong terbukanya akses bantuan kemanusiaan untuk para korban, dan membangun payung hukum untuk melindungi setiap orang tanpa membedakan ras, suku, dan agama terutama perlindungan terhadap kelompok rentan," sebut Irwandi.
Dikatakan mantan juru propaganda Gerakan Aceh Merdeka ini, Aceh sebagai provinsi yang pernah mengalami konflik bersenjata selama 30 tahun dan berada di bawah status Daerah Operasi Militer selama kurang lebih 15 tahun, sangat menyesalkan tindakan pemerintah Myanmar.
"Pengalaman konflik bersenjata di Aceh justru hanya membawa kemudaratan dan kemunduran yang besar terhadap kebudayaan, sosial, dan ekonomi. Dan memberikan luka mendalam bagi para korban yang kebanyakan merupakan masyarakat sipil," tandasnya.



Sumber :
https://news.okezone.com/read/2017/09/07/337/1770989/salut-akhiri-krisis-rohingya-gubernur-aceh-siap-berbagi-pengalaman-perdamaian-dengan-pemerintah-myanmar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Salut! Akhiri Krisis Rohingya, Gubernur Aceh Siap Berbagi Pengalaman Perdamaian dengan Pemerintah Myanmar"

Post a Comment